KELAS OLIMPIADE SAINS

Minggu, 31 Juli 2022

Kelas Fisika Momen Gaya dan Momen Inersia: 11 IPA 1 SEMESTER GANJIL T.P. 2022/2023

Selamat berjumpa kembali di Kelas Fisika 11 IPA 1.

Semoga Anda telah dalam keadaan siap dan semangat untuk mengikuti pembelajaran kita pada hari ini.

Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi Momen Gaya dan Momen Inersia, selamat belajar.

Pertanyaan Diagnostik Kognitif :  

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, selesaikan pertanyaan diagnostik kognitif berikut ini.

πŸ‘‡ Selesaikan persoalan diagnostik kognitif pada form berikut: 


Sudahkah Anda menyelesaikan pertanyaan diagnostik kognitif? Jika belum, selesaikan terlebih dahulu baru melanjutkan ke tahap berikutnya.

Jika Anda telah selesai menjawab pertanyaan diagnostik, cermati gambar di bawah ini.


Jika Anda belum mengetahui cara oper gigi sepeda, silakan cermati video berikut. Jika Anda sudah terbiasa dan mahir melakukan oper gigi sepeda, Anda boleh skip videonya.

Cara Oper Gigi Sepeda Ketika Menanjak:


Sudahkah Anda menemukan jawaban pertanyaan Apersepsi? Tentu Anda dapat menuliskan jawaban di buku tulis Fisika sebagai catatan. Selanjutnya kita akan masuk kegiatan pembelajaran yang lebih menantang. Pada kegiatan selanjutnya Anda akan membutuhkan buku cetak fisika atau buku lainnya yang tebal dan mistar. Selamat mencoba.

KEGIATAN A: Percobaan Memutar Buku

Siapkan buku cetak Fisikamu. Tentukan tiap-tiap titik seperti pada gambar berikut.


Berdasarkan gambar 2, Anda akan melakukan praktikum memutar buku paket Fisika. Tuliskan 2 pertanyaan dan jawaban sementara Anda berkaitan dengan:
1. Cara menghasilkan jari-jari putaran terbesar
2. Cara mudah memutar buku.

πŸ‘‡Isi pertanyaan dan jawaban sementara Anda pada link form berikut!

Pertanyaan dan jawaban yang telah Anda input pada form di atas merupakan rumusan masalah dan hipotesis percobaan yang akan kita lakukan berikutnya. Selamat karena Anda telah berhasil menuliskan ide Anda. Sekarang mari kita lakukan langkah berikutnya.

Setelah membuat rumusan masalah dan hipotesis, kita kembali ke topik percobaan kita pada hari ini. Buktikan jawaban sementara dari pertanyaan yang telah Anda buat sebelumnya. Selamat Mencoba!

Cermati kembali gambar berikut.

Berdasarkan Gambar 2, lakukan kegiatan memutar buku paket fisika untuk melengkapi data percobaan. Perhatikan Poros Putar dan Titik Gaya Dorong yang diminta pada Tabel A. berikut. Selamat Mencoba!


Bagaimana, apakah Anda telah melakukan percobaan untuk mendapatkan data sesuai Tabel A. di atas? Selanjutnya silakan input data yang telah Anda peroleh dari percobaan ke dalam form berikut.


πŸ‘‡Isi data hasil percobaan pada link form berikut!

Selanjutnya, kita akan membuat grafik perbandingan dari hasil percobaan. Anda dapat membuat grafik secara online pada tempat yang telah disediakan.

Sebagai acuan, silakan cermati gambar pembuatan grafik berikut. Grafik A. Pengaruh jarak gaya dorong terhadap kemudahan memutar buku dengan menganggap gaya dorong yang diberikan relatif sama. 


πŸ‘‰Klik di sini >> Grafik A. Pengaruh Jarak Gaya Dorong Terhadap Kemudahan Memutar Buku

πŸ‘‰Klik di sini >> Laporan Grafik A. Kelompok 1: Absen No. 1 s.d. 8

πŸ‘‰Klik di sini >> Laporan Grafik A. Kelompok 2: Absen No. 9 s.d. 16

πŸ‘‰Klik di sini >> Laporan Grafik A. Kelompok 3: Absen No. 17 s.d. 24

πŸ‘‰Klik di sini >> Laporan Grafik A. Kelompok 4: Absen No. 25 s.d. 35

Bagaimana hasil grafik Anda? Dapatkah anda melihat garisnya? Bagaimana pengaruh jarak gaya dorong terhadap kemudahan memutar buku? 

Mari tuliskan pendapatmu. Tentu kita bisa melakukan diskusi terbuka di kelas. Silakan tuliskan pendapatmu, lalu utarakan kepada teman-temanmu di kelas.

πŸ‘‡ Tuliskan pendapatmu di sini


KEGIATAN B: Kegiatan Menggelindingkan Benda Silinder

Anda dapat menggunakan silinder yang telah disiapkan oleh guru. Anda juga bisa menggunakan benda lain serupa silinder yang ada di sekitar Anda. Sebelum memulai kegiatan B, cermati terlebih dahulu gambar berikut.


Berdasarkan gambar 3, Anda akan melakukan praktikum menggelindingkan silinder A dan B. Massa benda A lebih besar dibanding massa benda B. kedua benda digelindingkan dari ketinggian bidang (H) secara bersamaan, tuliskan 2 pertanyaan dan jawaban sementara Anda berkaitan dengan kegiatan tersebut.


πŸ‘‡Isi pertanyaan dan jawaban sementara Anda pada link form berikut!

Setelah membuat rumusan masalah dan hipotesis, kita kembali ke topik percobaan kegiatan B. pada hari ini. Buktikan jawaban sementara dari pertanyaan yang telah Anda buat sebelumnya. Selamat Mencoba!

Cermati kembali gambar berikut.

Berdasarkan Gambar 3, lakukan kegiatan menggelindingkan silinder A dan B untuk melengkapi data percobaan. Ingat bahwa: Massa A lebih besar dibendingkan massa benda B. Lengkapi data yang diminta pada Tabel Pengamatan Benda Silinder A dan B berikut. Selamat Mencoba!

Bagaimana, apakah Anda telah melakukan percobaan untuk mendapatkan data sesuai Tabel Hasil Pengamatan Kegiatan Menggelindingkan Benda Silinder di atas? Selanjutnya silakan input data yang telah Anda peroleh dari percobaan ke dalam form berikut.

πŸ‘‡Isi data hasil percobaan pada link form berikut!



Hasil Pembelajaran

πŸ‘‡Hasil Penilaian Diagnostik: