KELAS OLIMPIADE SAINS

Jumat, 05 Agustus 2022

5 Pertanyaan Dasar Tentang DNA dan Jawabannya



Apa yang dilakukan DNA?

Asam deoksiribonukleat (DNA) adalah bahan kimia organik yang mengandung informasi genetik dan instruksi untuk sintesis protein. Ini ditemukan di sebagian besar sel setiap organisme. DNA adalah bagian penting dari reproduksi di mana pewarisan genetik terjadi melalui pewarisan DNA dari orang tua atau orang tua ke keturunannya.

Terbuat dari apakah DNA?

DNA terbuat dari nukleotida. Sebuah nukleotida memiliki dua komponen: tulang punggung, terbuat dari gula deoksiribosa dan gugus fosfat, dan basa nitrogen, yang dikenal sebagai sitosin, timin, adenin, dan guanin. Kode genetik dibentuk melalui pengaturan basa yang berbeda.

Siapa yang menemukan struktur DNA?

Penemuan struktur heliks ganda DNA dikreditkan ke peneliti James Watson dan Francis Crick, yang, dengan sesama peneliti Maurice Wilkins, menerima Hadiah Nobel pada tahun 1962 untuk pekerjaan mereka. Banyak yang percaya bahwa Rosalind Franklin juga harus diberi penghargaan, karena dia membuat foto revolusioner struktur heliks ganda DNA, yang digunakan sebagai bukti tanpa izinnya.

Bisakah Anda mengedit DNA?

Pengeditan gen saat ini sebagian besar dilakukan melalui teknik yang disebut Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats (CRISPR), yang diadopsi dari mekanisme bakteri yang dapat memotong bagian tertentu dalam DNA. Salah satu penggunaan CRISPR adalah penciptaan tanaman organisme hasil rekayasa genetika (GMO).

Apa itu komputer DNA?

Komputasi DNA adalah arsitektur komputer yang diusulkan yang akan menggunakan sifat mengikat diri DNA untuk melakukan perhitungan. Tidak seperti komputasi klasik, komputasi DNA akan memungkinkan beberapa proses paralel dan perhitungan terjadi pada waktu yang sama.

Sumber: https://www.britannica.com/science/DNA