10 Tank Terbaik Dunia 2023 | (Spesifikasi, Jenis, Negara)

0

Terakhir Diperbarui pada 2 Januari 2023 oleh Ahmad Ghayad

Tank tempur utama (MBT) telah berkembang dari dasar dan ringan menjadi besar, canggih, dan mobilitas tinggi selama Perang Dingin, dengan kemajuan senjata dan penanggulangan. Kami telah menyusun daftar sepuluh tank tempur utama terbaik di dunia, dan peringkat asal mereka berdasarkan senjata, mobilitas, dan keamanan.

Di bawah ini adalah tangki yang terdaftar tanpa pesanan apa pun:

1- M1A2 Abrams – Amerika Serikat

Abrams M1A2 adalah tank tempur utama yang telah teruji pertempuran yang dikembangkan oleh General Dynamics Land Systems untuk Angkatan Darat Amerika Serikat. Tank ini dibuat berdasarkan kinerja M1A1 dan menyertakan teknologi modern untuk memberikan daya tembak dan mobilitas yang lebih baik, menjadikannya salah satu tank tempur terhebat di dunia.

Meriam utama tank adalah meriam smoothbore 120mm XM256 yang dimuat secara manual yang dapat menembakkan berbagai amunisi NATO ke kendaraan lapis baja, infanteri, dan pesawat terbang rendah. Tank ini dilengkapi dengan dua senapan mesin M240 7,62 mm dan senapan mesin M2 kal 50, dan 42 butir amunisi 120 mm, 11.400 butir amunisi 7,62 mm, 900 butir amunisi kaliber 50, 32 bom skrining, dan 210 butir peluru. 5.56mm amunisi

Untuk memberikan perlindungan tingkat tinggi kepada awaknya, Abrams M1A2 menggabungkan lapis baja komposit eksternal yang tebal dan lapis baja depleted uranium yang dibungkus baja di lambung depan dan turret. Tank ini memiliki daya jelajah 426 kilometer dan kecepatan tertinggi 67,5 kilometer per jam.

2- T-14 Armata – Rusia

T-14 Armata adalah MBT Rusia generasi baru yang dibangun untuk Angkatan Darat Rusia oleh Uralvagonzavod (UVZ). Tangki saat ini sedang diproduksi, dengan pengiriman diharapkan untuk tahun 2020.

Persenjataan utama tank adalah meriam smoothbore 125mm 2A82-1M yang diumpankan oleh loader otomatis. Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin Kord 12,7 mm dan senapan mesin PKTM 7,62 mm. Tank dapat meluncurkan rudal berpemandu laser dan membawa 45 butir amunisi.

MBT T-14 Armata diharapkan menawarkan perlindungan STANAG 4569 Level 5. Sistem perlindungan aktif (APS) tank Afghan mendeteksi, melacak, dan melibatkan amunisi anti-tank yang masuk. Tangki memiliki kecepatan tertinggi 90km/jam dan jangkauan 500km berkat mesin diesel A-85-3A turbocharged.

3- Merkava Mk.4 – Israel


Merkava Mark IV adalah iterasi terbaru dari lini tank tempur utama Merkava MANTAK (Merkava Tank Office). Tank tersebut mulai beroperasi dengan Pasukan Pertahanan Israel pada tahun 2004 dan secara luas dianggap sebagai salah satu tank dengan perlindungan terbaik di dunia.

Mk.4 dipasang dengan meriam smoothbore 120mm yang mampu menembakkan peluru HEAT dan sabot serta peluru kendali anti-tank LAHAT. Daya tembak tank dilengkapi dengan senapan mesin koaksial 7,62mm dan putar 12,7mm, serta peluncur granat 60mm.

Merkava Mk.4 memiliki armor jarak tertentu, side skirt armor bermunculan, sistem peringatan laser Elbit, dan granat layar asap IMI terintegrasi ke dalamnya. Sistem perlindungan aktif tank, Trophy, melindungi awak dari rudal anti-tank yang kuat. Tangki memiliki kecepatan tertinggi 64 kilometer per jam.

4- VT4 (MBT-3000) – Tiongkok


MBT VT4 (sebelumnya MBT-3000) adalah tank generasi ketiga yang dirancang dan dibangun terutama untuk pasar ekspor oleh China North Industries Corporation (Norinco). Tentara Kerajaan Thailand pertama kali menggunakan tank tersebut pada tahun 2017.

Tank tempur utama dilengkapi dengan meriam smoothbore 125mm yang dapat menembakkan peluru APFSDS, hulu ledak HEAT, artileri, dan peluru kendali. Senapan mesin anti-pesawat 12,7 mm yang dikendalikan dari jarak jauh dan senapan mesin koaksial 7,62 mm adalah bagian dari persenjataan sekunder.

Tank memiliki lapis baja reaktif komposit dan eksplosif. Sistem perlindungan aktif (APS) GL5 kendaraan melindungi tank, kendaraan lapis baja, peluru kendali anti-tank, dan persenjataan anti-tank. MBT VT4 memiliki kecepatan tertinggi 70 km/jam dan jangkauan maksimum 500 km.

5- Leclerc – France


Leclerc adalah tank tempur utama Prancis yang dirancang oleh GIAT Industries (sekarang Sistem Nexter) untuk Angkatan Darat Prancis yang juga digunakan oleh Angkatan Darat UEA. Pada Januari 1992, DGA (French Procurement Agency) menerima tank Leclerc pertama.
Leclerc adalah tank generasi ketiga yang dilengkapi dengan senapan smoothbore CN120-26 120mm standar NATO, senapan mesin koaksial 12,7mm, dan senapan mesin 7,62mm yang dipasang di atap. Tank ini mampu membawa 40 butir amunisi 120mm dan sekitar 950 butir amunisi 12,7mm.

Armor modular inovatif dari baja, keramik, dan Kevlar memberikan perlindungan kru menyeluruh dan dapat ditingkatkan untuk melindungi dari IED, ranjau, dan RPG. Sistem perlindungan diri Galix yang dipasang di tangki semakin meningkatkan kemampuan bertahannya. Tank dapat menyerang target dengan kecepatan 50 km/jam di segala medan dan memiliki kecepatan tertinggi 72 km/jam.

6- Challenger 2 – United Kingdom


Tank tempur utama Angkatan Darat Inggris dan Angkatan Darat Kerajaan Oman adalah Challenger 2 (CR2). Berdasarkan tank Challenger 1, British Vickers Defense Systems (sekarang BAE Systems) merancang dan membangun MBT. Kemampuan Challenger 2 diperlihatkan selama penempatan tempur di Bosnia, Kosovo, dan Irak, di mana ia dipasarkan sebagai tank tempur utama paling andal di dunia.

Senjata utama Challenger 2 adalah meriam 120mm L30 CHARM (CHallenger main ARMament), sementara senjata pelengkap termasuk meriam rantai C-axial 7.62mm dan senapan mesin 7.62mm yang dipasang di menara. Tank dapat membawa 50 Armor Piercing, Fin Stabilized, Discarding Sabot (APFSDS), high-explosive squash heads (HESH), dan putaran Soke, serta 4.000 putaran 7.62mm.

Armor Chobham generasi kedua Challenger 2 memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap senjata api langsung. Mesin Perkins-Condor CV12 tangki mencapai kecepatan on-road tertinggi 59km/jam dan kecepatan off-road 40km/jam.

7- K2 Black Panther – South Korea



Hyundai Rotem K2 Black Panther (Korean New Main Battle Tank) adalah MBT kontemporer yang dibuat untuk Republic of Korea Army (RoKA). MBT dirancang untuk memberikan mobilitas, daya tembak, dan pertahanan diri yang hebat. Pada tahun 2014, Black Panther bergabung dengan tim RoKA.

Senjata utama K2 Black Panther adalah meriam smoothbore 120mm yang dapat menembakkan amunisi energi kinetik yang ditingkatkan dan dilengkapi dengan autoloader yang memungkinkan pemuatan amunisi sambil terbang bahkan di medan yang berat. Senapan mesin kaliber 7.62mm dan 12.7mm digunakan sebagai persenjataan tambahan.

K2 sangat mobile di medan perang, dengan kecepatan tertinggi 70km/jam dan jangkauan 450km. Untuk perlindungan menyeluruh terhadap tembakan langsung, tank ini dilengkapi dengan lapis baja komposit dan lapis baja reaktif eksplosif (ERA). Untuk melindungi dari ledakan, rak amunisi juga memiliki panel peniup.

8- Leopard 2A7+ – Germany



Krauss-Maffei Wegmann (KMW) meluncurkan Leopard 2A7+, sebuah main battle tank (MBT) generasi berikutnya, pada tahun 2010. Varian yang diperbarui didasarkan pada teknologi MBT Leopard 2 dan telah diterima oleh Bundeswehr (Angkatan Darat Jerman) untuk jalanan. pertempuran serta tugas militer klasik. Kanada juga berperang di Afghanistan di bawah komando NATO dengan 2A7+.

Leopard 2A7+ dilengkapi dengan meriam smoothbore 120mm L55 yang dapat menembakkan amunisi konvensional NATO serta peluru HE 120mm terprogram yang inovatif. Tank ini dilengkapi dengan stasiun senjata ringan FLW 200 yang dioperasikan dari jarak jauh yang dilengkapi dengan senapan mesin 7.62mm/12.7mm atau peluncur granat 40mm.

Modul lapis baja pasif yang terpasang pada kendaraan memberikan perlindungan menyeluruh terhadap rudal anti-tank, ranjau, alat peledak improvisasi (IED), dan tembakan RPG. Peluncur granat asap di kedua sisi turret menyembunyikan tank dari pandangan musuh. MBT dapat dilengkapi dengan perlengkapan tambahan seperti bajak tambang, roller tambang, atau bilah dozer untuk menghilangkan ranjau dan penghalang. Tank ini sangat mobile, dengan kecepatan tertinggi 72km/jam dan daya jelajah 450km.

9- T-90MS – Russia

The T-90MS, a modernized variant of Uralvagonzavod’s T-90 main battle tank, was revealed for the first time in September 2011 at Russian Expo Arms. The T-90MS has been significantly modernized to provide improved combat capabilities in current warfare situations.

The tank’s 125mm 2A46M-5 cannon shoots many types of ammunition with remarkable precision. On a remotely operated weapon station, the tank is additionally equipped with a 6P7K 7.62mm anti-aircraft machine gun.

The modular ERA panels located on the tank’s back and sides provide protection against small weapons and shell splinters. For anti-tank missile defense, the forward hull and turret can be outfitted with RELIKT reactive armor. In addition, the T-90MS has an optoelectronic screening system and an electromagnetic protection system. The tank can reach a top speed of 60km/h thanks to a V-92S2F engine with a rated output of 1,130hp.

10- Type 10 (TK-X) – Japan


Type 10 (TK-X) adalah tank tempur utama canggih generasi keempat yang dikembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industries untuk Pasukan Bela Diri Darat Jepang (JGSDF). Tank ini mulai beroperasi dengan JGSDF pada tahun 2012 dan dipuji karena mobilitasnya.

Senapan smoothbore 120mm, senapan mesin berat 12,7mm, dan meriam Tipe 74 7,62mm melengkapi persenjataan MBT Tipe 10. Selama operasi tempur terintegrasi, teknologi C4I yang kuat menyediakan interoperabilitas dengan pasukan infanteri.

Lambung tank dilindungi oleh lapis baja komposit keramik modular terhadap putaran granat berpeluncur roket (RPG), proyektil HEAT, dan rudal anti-tank. Untuk mengubah tingkat keamanan, modul tambahan dapat dengan mudah dilepas dan dipasang. Mesin diesel berpendingin air menghasilkan 1.200hp dan memiliki kecepatan tertinggi 70km/jam.

sumber: https://engineerine.com/top-10-tanks/
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)