Penelitian Tindakan Kelas Fisika SMA

0
PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Rencana Penelitian Tindakan Kelas

METODE PENELITIAN:
1. Fakta, konsep, dan prinsip dari materi pembelajaran disampaikan kepada siswa secara rinci. Langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut:
a. Siswa mengamati (fase mengamati) fakta/konsep/prinsip dari meteri pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
b. Siswa mengamati guru menyelesaikan berbagai persoalan yang tepat mewakili fakta/konsep/prinsip dari suatu materi pembelajaran.
c. Siswa mencoba (fase mempertanyakan) menyelesaikan persoalan yang sesuai dengan fakta/konsep/prinsip dari suatu materi pembelajaran yang telah diamati sebelumnya.
d. Siswa melaksanakan tes tertulis (ulangan harian) sesuai dengan fakta/konsep/prinsip dari suatu meteri pembelajaran yang telah dicoba sebelumnya.
2. Siswa melaksanakan eksperimen (fase mengeksplorasi) bersesuaian dengan fakta/konsep/prinsip dari suatu materi pembelajaran yang telah dicoba sebelumnya.
3. Siswa mengolah data hasil eksperimen (fase mengasosiasi)
4. Siswa mengkomunikasikan (fase mengkomunikasikan) hasil pengolahan data secara lisan/tulisan.
5. Siswa mencoba menyelesaikan kembali persoalan yang sesuai dengan fakta/konsep/prinsip dari suatu materi pembelajaran yang telah diamati, dipertanyakan, dieksplorasi, diasosiasi, dan dikomunikasikan.
6. Siswa melaksanakan tes tertulis (ulangan harian) sesuai dengan fakta/konsep/prinsip dari suatu materi pembelajaran yang telah dicoba sebelumnya.

Catatan:
1. Tindakan dioptimalkan untuk mengetahui secara spesifik kemampuan masing-masing individu peserta didik.
2. Tindakan diberikan di kelas yang siswanya heterogen atau pun homogen.
3. Tindakan mengalami siklus dengan mencermati poin 1.c – 1.d dengan poin 5-6. Selanjutnya poin 1.c – 1.d disebut siklus 1, dan poin 5-6 disebut siklus 2.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)