Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

0

Setelah Anda mempelajari materi mengenai gerak lurus beraturan, Anda tentu harus mengetahui bahwa tidak ada benda yang selalu dapat bergerak dengan kecepatan konstan. Sebuah benda yang bergerak tidak selalu memiliki kecepatan yang konstan dan lintasan yang lurus. Dalam kehidupan sehari- hari, setiap benda cenderung untuk mempercepat dan memperlambat secara tidak beraturan.

Gerak lurus yang memiliki kecepatan berubah secara beraturan disebut gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Benda yang bergerak berubah beraturan dapat berupa bertambah beraturan (dipercepat) atau berkurang beraturan (diperlambat). Jika Anda perhatikan Gambar 3.5, akan diperoleh sebuah persamaan percepatan, yaitu besarnya tangen  α .


Dari persamaan percepatan rata-rata, diperoleh

Dengan mengalikan silang persamaan tersebut, akan diperoleh persamaan baru



Untuk memperoleh besar perpindahan, dapat ditentukan dari persamaan kecepatan rata-rata.













1. Gerak Vertikal ke Bawah

Setiap benda yang dilepas dari suatu ketinggian tertentu dekat permukaan Bumi, akan jatuh ke permukaan Bumi. Hal ini terjadi karena terdapat medan gravitasi Bumi yang menyebabkan benda selalu jatuh ke permukaan Bumi. Benda yang jatuh secara vertikal dapat memiliki kecepatan konstan jika hambatan udara dapat diabaikan. Benda yang jatuh dapat memiliki kecepatan awal ataupun tidak. Benda yang tidak memiliki kecepatan awal (v  =  0) disebut benda bergerak jatuh bebas. Anda akan dapat lebih memahami pergerakan benda tanpa kecepatan awal dengan mempelajari contoh soal berikut.









Gerak vertikal ke bawah yang memiliki kecepatan awal dapat Anda temukan contohnya dalam kehidupan sehari-hari misalnya, Anda melemparkan sebuah benda dari gedung bertingkat. Benda akan memiliki kecepatan awal dari hasil lemparan Anda. Dapatkah Anda memberikan contoh gerak vertikal kebawah lainnya dalam kehidupan sehari-hari? Perhatikan contoh soal berikut.



2. Gerak Vertikal ke Atas

Coba Anda lemparkan sekeping uang logam ke atas atau air mancur di taman yang meluncur. Amati apa yang terjadi pada uang logam dan air mancur tersebut. Mengapa ketika sekeping uang dilemparkan ke atas kecepatannya makin berkurang? Gerak yang Anda lakukan adalah gerak vertikal ke atas. Gerak ini memiliki kecepatan awal saat akan bergerak dan kecepatannya berkurang karena dipengaruhi oleh medan gravitasi Bumi. Pada titik tertinggi, benda berhenti sesaat sehingga nilai vt = 0 dan benda akan jatuh secara bebas hingga benda tersebut mencapai tanah. Perhatikan contoh soal berikut.




Daftar Isi:
Jarak dan Perpindahan

Kelajuan dan Kecepatan


Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Percepatan

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Kupas Tuntas Soal dan Pembahasan Kinematika Lurus Satu Dimensi

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)